Rabu, 26 Maret 2008

Laporan dinas

Perihal : Laporan Kegiatan. Malang, 22 Januari 2008
Lamp : 4 (Empat)


Kepada
Yth. Kepala PPPPTK PKn dan IPS
Jl. Veteran No 9
Malang.


Dengan Hormat .
Berdasarkan Surat Tugas dari Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan PKn dan IPS Malang Nomor : 562/F/F7/KP/2006. Tanggal 15 April 2006 atas nama Slamet Supriyadi, S.Kom, tentang Program Rintisan Gelar S2 (M.Ed. In ICT) serta atas dasar surat dari Sekretariat Negara kepada Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Up Kepala Biro Perencanaan dan KLN Nomor KL.0703/UMPL/3318 tanggal 27 Juni 2006 tentang Persetujuan Penugasan Belajar ke luar negeri

1. Nama Kegiatan :
Studi Lanjut jenjang S2 (Master) “Instructional Design of Information Communication Technology and Resources” ke Luar Negeri (Malaysia dan Australia).

2. Tujuan Kegiatan :
Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan PPPPTK PKn dan IPS Malang.

3. Waktu dan Tempat :
Kegiatan studi lanjut strata 2 dengan fokus kepakaran “Instructional Design of Information Communication Technology and Resources” dilaksanakan di beberapa tempat di Malaysia dan Australia antara lain adalah :
• 8 Juli 2006 s/d 9 Maret 2007 perkuliahan dilaksanakan di SEAMEO RECSAM Pulau Penang Malaysia dengan tim pengajar dari RECSAM, Fakultas Teknologi Informasi Universiti Sain Malaysia (USM) dan Fakultas Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).
• 18 Maret s/d 18 April 2007 perkuliahan dilaksanakan di Curtin University Of Technologi Perth Australia dengan tim pengajar dari Curtin University.
• 19 April s/d 9 Juni 2007 Perkuliahan dilaksanakan di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) bangi Selangor Kuala Lumpur dengan tim pengajar dari UKM.
4. Metode Perkuliahan
Perkuliahan dilaksanakan secara sistim paket dengan total kredit 42 SKS dilaksanakan secara tatap muka dan online. Metode tatap muka menggunakan bahasa pengantar 70 % bahasa Inggris dan 30 % Bahasa Melayu.
• Tahap pertama perkuliahan di RECSAM dan USM menggunakan metode tatap muka dan pendekatan Project Work untuk menghasilkan sebuah software (perangkat lunak komputer) untuk pembelajaran. Akomodasi Mahasiswa di komplek asrama SEAMEO RECSAM.
• Tahap kedua perkuliahan dilaksanakan di Australia dengan pendekatan pemantapan teori dan hasil project yaitu materi “Advance Instructional Design”. Akomodasi mahasiswa di GOOD EARTH Hotel Perth Australia selama satu bulan.
• Tahap ke tiga perkuliahan dilaksanakan di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) secara tatap muka dan bimbingan untuk menyusun Tesis berdasarkan penelitian dan project yang telah dibuat. Akomodasi mahasiswa di Student Colej Universitias
5. Hasil Studi.
Selama menjalani studi di Malaysia dan Australia kami dapat lulus dengan sangat memuaskan yang disetai dengan bukti-bukti sebagai berikut.
1. Sertifikat kelulusan dari SEAMEO RECSAM
2. Setifikat Penghargaan Pribadi “Satisfactorily Leader” dari SEAMEO RECSAM.
3. Sertifikat “Advance Instructional Design” dari Curtin University Of Technology
4. Surat Keterangan Lulus Master of “Instructional Design of Information Communication Technology and Resources” dari Universiti Kebangsaan Malaysia. (Ijasah dan Transkrip belum diterima karena masih dalam proses penyelesaian dan akan di kirimkan oleh pihak UKM)
5. Perangkat lunak pembelajaran sebagai hasil Project yang berjudul “Dasar-dasar Statistik dan SPSS Terapan”.
6. Tesis dalam Bahasa Melayu yang berjudul “Reka Bentuk Dan Penilaian Perisian Kursus Multimedia Asas Statistik Dan Aplikasi SPSS : Satu Kajian Di Indonesia” Atau ” Design And Evaluation Multimedia Courseware Basic Statistic And SPSS Application : One Study In Indonesia” (tesis di buat dalam bahasa melayu karana pihak UKM mewajibkan mahasiswa untuk menggunakannya.)

7. Lain-lain.
Upacara Wisuda ( Convocation) dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2007 di Kampus UKM. Kami tidak dapat mengikuti karena harus meninggalkan Malaysia pada tanggal 10 Juni 2007, hal ini berkenaan dengan berakhirnya pemberian tunjangan hidup dan biaya perkuliahan yang sudah disepakati oleh pemerintah Indonesia dan pihak SEAMEO RECSAM.



Demikian laporan ini kami buat dengan sebenarnya dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya
Yang bertugas :


Slamet Supriyadi, S.Kom
NIP : 132301229
Tembusan :
1. Kepala Bidang Program dan Informasi
2. Kepala Bidang Fasilitasi dan Kompetensi
3. Kepala Bagian Umum
4. Kasubag Kepegawaian dan Tatalaksana

Label:

1 Komentar:

Pada 13 Mei 2008 pukul 11.32 , Blogger didik duro mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda